Kediri, 20 Nopember 2011
Tutor
ARBINDANU SETYAWATI, M.Pd
Mata Kuliah
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP / PDGK 4302
TAGIHAN TUGAS :
|RPP 2 MATA PELAJARAN | RANCANGAN PKR
| LEMBAR REFLEKSI | APKG 1 & 2
Disusun Oleh :
Nama : SEPTIANA KUSUMA
WARDANI
NIM : 8 2 1 0 8 5 8 8 7
Kelas /
Semester : C / V
UNIVERSITAS TERBUKA NEGERI
UPBJJ UT MALANG – POKJAR KAB. KEDIRI
RANCANGAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
MODEL 2.2.1
Mata Pelajaran / Topik : 1. Ilmu Pengetahuan Alam / Benda Padat, Cair dan Gas
2. Ilmu Pengetahuan Sosial / Kerja Sama
Kelas / Semester : III (Tiga) A dan III (Tiga) B / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami
sifat – sifat, perubahan sifat dan kegunaan benda di sekitar sekolah
2. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar
sekolah
II. Kompetensi
Dasar
1. Mendeskripsikan
persamaan dan perbedaan sifat – sifat benda.
2. Melakukan kerja sama di
lingkungan rumah, sekolah dan desa / kelurahan
III. Indikator
- - Menyebutkan wujud benda
- Menjelaskan sifat –sifat benda
- Mengidentifikasi peristiwa yang menggambarkan salah satu sifat benda
2. - Mendefinisikan pengertian kerja
sama
- Menjelaskan contoh kerja
sama di lingkungan sekolah
-
Menyebutkan manfaat kerja sama di lingkungan sekolah
IV.
Pokok Materi
Kerja Sama Tim di
Lingkungan Sekolah
V. Media dan
Sumber Belajar
1. - Benda padat : pensil, kapur, meja,
kursi, batu dan sebagainya
- Benda cair : susu, teh, air dan
sebagainya
- Benda gas : udara, asap kendaraan,
dan sebagainya
- Rachmat.,
Sunarto., Sukidjo. 2004. Sains Sahabatku 3. Jakarta: Ganeca Exact
2. - Gambar orang bekerja sama
- Gambar hewan berkoloni
- Said, M.,
Umar, Arsyad., Sunarto. 2004. Pengetahuan
Sosial untuk SD Kelas 3.
Jakarta : Erlangga
VI. Metode Pembelajaran
ü Tanya jawab
ü Diskusi
ü Penugasan
ü Penemuan (discovery)
VII. Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan Siswa dan Guru
|
Alokasi Waktu
|
|
Kelas III A
|
Kelas III B
|
||
Pendahuluan
|
ü Guru masuk kelas mengucap salam dan membimbing siswa untuk berdoa
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran untuk dua kelas yakni agar
memahami pentingnya kerja sama dalam tim di lingkungan sekolah
ü Guru membentuk tim / kelompok diskusi dengan anggota 4 siswa
ü Guru memberikan penugasan yang terdiri dari diskusi dalam tim /
kelompok, pengisian LKS, tugas evaluasi dan tugan individu
ü Guru membagikan LKS, media dan sumber belajar
|
+
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti
|
| Guru membimbing siswa mengerjakan LKS
| Siswa mengerjakan LKS dengan tim nya
| Siswa mencatat materi yang belum dimengerti
| Guru menjelaskan materi yang belum dipahami siswa
| Guru memberikan suatu masalah untuk didiskusikan siswa dalam tim
| Siswa mengemukakan pemecahan masalah yang diwakili oleh ketua tim
di depan kelas untuk di ditanggapi tim lain
| Siswa mengerjakan tugas evaluasi
| Siswa mengumpulkan tugas evaluasi
|
| Guru memberikan suatu masalah untuk didiskusikan siswa dalam tim
| Siswa mengemukakan pemecahan masalah yang diwakili oleh ketua tim
di depan kelas untuk di ditanggapi tim lain
| Guru membimbing siswa mengerjakan LKS
| Siswa mengerjakan LKS dengan tim nya
| Guru menjelaskan materi yang belum dipahami siswa
| Siswa mencatat materi penting yang telah dijelaskan guru tadi
| Siswa mengerjakan tugas evaluasi
| Siswa mengumpulkan tugas evaluasi
|
+
50 Menit
|
Penutup
|
¥
Guru bersama siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran tentang kerja sama tim di sekolah
¥
Guru membimbing siswa
menyampaikan kesan dan pesan selama pembelajaran kelas rangkap berlangsung
¥
Siswa dibekali guru dengan
tugas individu untuk ditindak lanjuti di rumah
¥
Doa penutup
¥
Salam penutup
¥
Guru bersama siswa
menyanyikan lagu “Sayonara”
|
+
10 Menit
|
VIII. Lampiran
1. Rangkuman Materi
2. Lembar Pengamatan dan Penskoran Lembar
Pengamatan
3. Soal Evaluasi
4. Kunci Jawaban dan Penskoran Soal
Evaluasi
5. Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
6. Tugas Individu (PR) dan Penskoran
Tugas Individu
Mengetahui,
Kepala SDN BANYAKAN I,
MOKH. SAIDU, S.Pd
NIP. 19610918 198303 1 014
|
|
Kediri, 18 Nopember 2011
Guru,
SEPTIANA KUSUMA WARDANI
NIGS. 991 101 024
|
Lampiran 1
RANGKUMAN
MATERI
1.
Tiga macam benda berdasarkan wujudnya yaitu
benda yang berwujud padat, cair dan gas
2.
Tiga contoh benda berwujud padat di lingkungan
sekolah adalah pensil, batu dan meja
3.
Tiga contoh benda berwujud cair di lingkungan
sekolah adalah susu, teh dan air
4.
Tiga contoh benda berwujud gas di lingkungan
sekolah adalah udara, asap kendaraan dan uap air
5.
Tiga sifat yang dimiliki benda padat antara
lain bentuknya tetap, volumenya tetap dan dapat berubah bentuk bila diberi
perlakuan
6.
Tiga sifat yang dimiliki benda cair antara
lain bentuknya berubah sesuai tempatnya, volumenya tetap dan mengalir dari
tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
7.
Tiga sifat yang dimiliki benda gas antara lain
bentuknya berubah sesuai tempatnya, volumenya berubah sesuai tempatnya dan
menekan ke segala arah
8.
Contoh peristiwa di lingkungan sekolah yang
menggambarkan sifat benda padat
bentuknya tetap adalah pensil yang diletakkan di atas meja atau di dalam kotak
pensil, bentuknya tetap seperti sebelumnya
9.
Contoh peristiwa di lingkungan sekolah yang
menggambarkan sifat benda cair bentuk
berubah sesuai tempatnya adalah air sirup bila dimasukkan wadah gelas bentuknya seperti gelas, tetapi jika
dimasukkan ke dalam kantong plastik bentuknya berubah seperti kentong plastik
10. Contoh peristiwa di lingkungan sekolah yang menggambarkan sifat benda gas menekan ke segala arah adalah
jika seorang siswa memompa ban sepeda terus menerus, maka ban tersebut akan
penuh oleh udara dan akan pecah
RANGKUMAN MATERI
1.
Kerja
sama adalah kegiatan yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan
bersama.
2.
Maksud
manusia sebagai makhluk sosial adalah manusia dilahirkan tidak dapat hidup
sendiri dan selalu membutuhkan orang lain.
3.
Tiga
ruang lingkup dalam melakukan kerja sama yaitu di rumah, di sekolah dan di
masyarakat.
4.
Lima
contoh kerja sama di lingkungan sekolah antara lain belajar kelompok, lomba
tarik tambang, mempersiapkan soal ujian akhir semester, peringatan HUT RI,
piket kelas.
5.
Lima
manfaat kerja sama yaitu pekerjaan cepat selesai, pekerjaan menjadi ringan,
menghemat tenaga, mempererat persaudaraan, tercipta rasa aman.
6.
Lima
kegiatan yang dilarang melakukan kerja sama di sekolah yaitu saat ujian,
menjahili teman, mencopet, tawuran, mencuri.
7.
Tiga
hewan yang suka bekerja sama adalah lebah, semut dan rayap
8.
Dua
bentuk dalam melakukan kerja sama untuk menghasilkan keuntungan dan sukarela.
Lampiran 2
LEMBAR PENGAMATAN
Mata Pelajaran / Topik : 1. Ilmu Pengetahuan Alam / Benda Padat, Cair dan Gas
2. Ilmu Pengetahuan Sosial / Kerja Sama
Kelas/Semester : III (Tiga) A dan III (Tiga) B / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit (1 x pertemuan)
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Ket.
|
||||||||||||||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
Ketepatan Jawaban
|
Pengumpulan Tugas
|
|||||||||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
?
KRITERIA PENILAIAN
1)
Keaktifan
A : Jika
siswa aktif menanggapi permasalahan dengan tepat tanpa diminta
B : Jika
siswa aktif menanggapi permasalahan dengan tepat setelah diperintah
C : Jika
siswa pasif (diam saja)
2)
Keberanian
A : Jika
siswa berani mengungkapkan pendapatnya tanpa diminta
B : Jika
siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah diperintah
C : Jika
siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah adanya paksaan
3)
Kerjasama
A : Jika
siswa ikut serta mengungkapkan pendapat dalam membahas LKS berkelompok
B : Jika
siswa ikut serta dalam kelompok tanpa mengungkapkan pendapatnya dalam
pembahasan LKS
C : Jika
siswa tidak ikut serta dalam pembahasan LKS
4)
Ketepatan Jawaban
A : Jika
jawaban yang diungkapkan siswa benar dan tepat seluruhnya
B : Jika
jawaban yang diungkapkan siswa masih ada yang belum benar atau kurang tepat
C : Jika
jawaban yang diungkapkan siswa belum benar atau salah
5)
Pengumpulan Tugas
A : Jika
siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal pengumpulan
B : Jika
siswa mengumpulkan tugas lebih dari jadwal pengumpulan
C : Jika
siswa tidak mengumpulkan tugas
? SKOR LEMBAR PENGAMATAN
Penilaian kualitatif
apabila dikonversikan ke dalam bentuk
penilaian kuantitatif dengan menggunakan skala 100, yaitu:
PENILAIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Penilaian Kualitatif
|
Penilaian Kuantitatif
|
Keterangan
|
A
|
67–100
|
Baik
|
B
|
34–66
|
Cukup
|
C
|
1–33
|
Kurang
|
Rumus
Penilaian Lembar Pengamatan:
Keterangan:
Np : Nilai Pengamatan
Na : Nilai
Keaktifan
Nb : Nilai
Keberanian
Nc : Nilai
Kerjasama
Nd : Nilai
Ketepatan Jawaban
Ne : Nilai Pengumpulan Tugas
Lampiran 3
SOAL EVALUASI
Jawablah pertanyaan
berikut ini dengan jawaban yang tepat!
1.
Sebutkan
tiga macam benda berdasarkan wujudnya!
2.
Identifikasi
tiga contoh benda berwujud padat yang ada di lingkungan sekolah!
3.
Identifikasi
tiga contoh benda berwujud cair yang ada di lingkungan sekolah!
4.
Identifikasi
tiga contoh benda berwujud gas yang ada di lingkungan sekolah!
5.
Jelaskan
tiga sifat yang dimiliki benda padat!
6.
Jelaskan
tiga sifat yang dimiliki benda cair!
7.
Jelaskan
tiga sifat yang dimiliki benda gas!
8.
Jelaskan
contoh peristiwa di lingkungan sekolah yang menggambarkan sifat benda padat
bentuknya tetap!
9.
Jelaskan
contoh peristiwa di lingkungan sekolah yang menggambarkan sifat cair bentuknya
berubah sesuai tempatnya!
10.
Jelaskan
contoh peristiwa di lingkungan sekolah yang menggambarkan sifat benda gas
menekan ke segala arah!
SOAL
EVALUASI
1.
Definisikan pengertian kerja sama!
2.
Jelaskan maksud dari manusia sebagai makhluk sosial!
3.
Sebutkan tiga ruang lingkup kerja sama!
4.
Jelaskan lima contoh kerja sama di sekolah!
5.
Sebutkan lima manfaat kerja sama di sekolah!
6.
Sebutkan lima kegiatan yang dilarang melakukan kerja sama di sekolah!
7.
Identifikasi tiga hewan yang suka bekerja sama!
8.
Sebutkan dua syarat dalam melakukan kerja sama!
Lampiran 4
KUNCI JAWABAN
1.
Benda yang berwujud padat, cair dan gas
2.
Pensil, batu dan meja
3.
Susu, teh dan air
4.
Udara, asap kendaraan dan uap air
5.
Bentuknya tetap, volumenya tetap dan dapat
berubah bentuk bila diberi perlakuan
6.
Bentuknya berubah sesuai tempatnya, volumenya
tetap dan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
7.
Bentuknya berubah sesuai tempatnya, volumenya
berubah sesuai tempatnya dan menekan ke segala arah
8.
Pensil yang diletakkan di atas meja atau di
dalam kotak pensil, bentuknya tetap seperti sebelumnya
9.
Air sirup bila dimasukkan wadah gelas bentuknya seperti gelas, tetapi jika
dimasukkan ke dalam kantong plastik bentuknya berubah seperti kantong plastik
10. Jika seorang siswa memompa ban sepeda terus menerus, maka ban tersebut
akan penuh oleh udara yang menekan ke segala arah dalam ban lalu akan pecah
? SKOR SOAL
a.
Skor maksimal untuk
masing-masing soal yang ada, yaitu 10
b.
Jika jawaban
dinyatakan benar, maka rumus skornya adalah
Keterangan:
Nj : Nilai Hasil/Jawaban yang benar
¥ NILAI AKHIR
Untuk penilaian akhir, digunakan rumus:
Keterangan:
Np : Nilai Pengamatan
Nj : Nilai
Jawaban yang Benar
Nt : Nilai
Tugas Individu
KUNCI
JAWABAN
1.
Kegiatan
yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
2.
Manusia
dilahirkan tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain.
3.
Di
rumah, di sekolah dan di masyarakat.
4.
Belajar
kelompok, lomba tarik tambang, mempersiapkan soal ujian akhir semester,
peringatan HUT RI, piket kelas.
5.
Cepat
selesai, pekerjaan menjadi ringan, menghemat tenaga, mempererat persaudaraan,
6.
Saat
ujian, menjahili teman, mencopet, tawuran, mencuri.
7.
Lebah,
semut dan rayap.
8.
Untuk
menghasilkan keuntungan dan sukarela.
? SKOR SOAL
c.
Skor maksimal untuk
masing-masing soal yang ada, yaitu 12,5
d.
Jika jawaban
dinyatakan benar, maka rumus skornya adalah
Keterangan:
Nj : Nilai Hasil/Jawaban yang benar
¥ NILAI AKHIR
Untuk penilaian akhir, digunakan rumus:
Keterangan:
Np : Nilai Pengamatan
Nj : Nilai
Jawaban yang Benar
Nt : Nilai Tugas Individu
Lampiran 5
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : III (Tiga ) A / 1 (Satu)
Materi Pokok : Benda Padat, Cair dan Gas
PETUNJUK UMUM
1. Berdo’alah sebelum mengerjakan!
2. Tulis nama kelompok dan anggota
kelompokmu!
3. Bacalah buku:
-
Rachmat., Sunarto., Sukidjo. 2004.
Sains Sahabatku 3. Jakarta: Ganeca
Exact. Halaman 71 - 80
3.
Bahaslah
dengan teliti!
4.
Bila
mengalami kesulitan atau kurang jelas, tanyakan pada guru!
KEGIATAN 1
Ø
Tujuan :
Mengidentifikasi tiga
contoh benda berwujud padat di lingkungan sekolah, mengidentifikasi tiga contoh
benda berwujud cair di lingkungan sekolah, mengidentifikasi tiga contoh benda
berwujud gas di lingkungan sekolah, menjelaskan tiga sifat yang dimiliki benda
padat, menjelaskan tiga sifat yang dimiliki benda cair, menjelaskan tiga sifat
yang dimiliki benda gas.
Ø Petunjuk
Khusus : Bacalah buku Ilmu Pengetahuan Alam di atas!
Berdasarkan buku yang telah kalian baca, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1.
Tiga contoh benda padat di lingkungan sekolah yaitu. . . . . .
2.
Tiga contoh benda cair di lingkungan sekolah yaitu. . . . . .
3.
Tiga contoh benda gas di lingkungan sekolah yaitu. . . . . .
4.
Tiga sifat yang dimiliki benda padat adalah . . . . . .
5.
Tiga sifat yang dimiliki benda cair adalah . . . . . .
6.
Tiga sifat yang dimiliki benda gas adalah . . . . . .
7.
Plastisin dan mentega adalah benda padat yang bersifat . . . . . .
8.
Gas yang tidak dapat dilihat mata adalah udara. Sedangkan yang dapat
dilihat contohnya . . . . . .
9.
Persamaan benda cair dan gas adalah . . . . . .
10. Perbedaan benda padat
dan cair adalah . . . . . .
KEGIATAN 2
Tujuan : Menjelaskan contoh peristiwa di
sekolah yang menggambarkan sifat benda padat bentuknya tetap, menjelaskan contoh peristiwa
di sekolah yang menggambarkan sifat benda cair bentuknya berubah sesuai tempatnya, menjelaskan
contoh peristiwa di sekolah yang menggambarkan sifat benda gas menekan ke
segala arah
Petunjuk Khusus : Isilah tabel di bawah ini dengan benar!
Tabel 1 Peristiwa yang
menggambarkan sifat benda di sekolah
No
|
Jenis Benda
|
Sifat Benda
|
Contoh Peristiwa
|
1
|
Padat
|
|
|
2
|
Cair
|
|
|
3
|
Gas
|
|
|
? Dari tabel di atas dapat diketahui
bahwa:
1.
Contoh
peristiwa yang terjadi dari sifat benda padat adalah . . . . . . . .
2.
Contoh
peristiwa yang terjadi dari sifat benda cair adalah . . . . . . . .
3.
Contoh
peristiwa yang terjadi dari sifat benda gas adalah . . . . . . . .
? Kesimpulan yang dapat diambil adalah:
Persamaan sifat dari
benda padat, cair dan gas yaitu . . . . . . . . . .
Sedangkan perbedaannya adalah . . . . . . . . . .
LEMBAR KEGIATAN
SISWA (LKS)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : III (Tiga ) B / 1 (Satu)
Materi Pokok : Kerja Sama
PETUNJUK UMUM
1. Berdo’alah sebelum mengerjakan!
2. Tulis nama kelompok dan anggota
kelompokmu!
3. Bacalah buku:
-
Said, M., Umar, Arsyad., Sunarto. Pengetahuan
Sosial untuk SD Kelas 3. Jakarta : Erlangga. Halaman 29 - 35
4. Bahaslah dengan teliti!
5. Bila mengalami kesulitan atau kurang
jelas, tanyakan pada guru!
KEGIATAN 1
Ø Tujuan :
Mendefinisikan
pengertian kerja sama, menjelaskan maksud dari manusia sebagai makhluk sosial,
menyebutkan tiga ruang lingkup kerja sama, menjelaskan lima contoh kerja sama
di sekolah, menyebutkan lima manfaat kerja sama di sekolah, menyebutkan lima
kegiatan yang dilarang melakukan kerja sama di sekolah, menyebutkan dua syarat
dalam melakukan kerja sama.
Ø Petunjuk Khusus : Bacalah
buku Ilmu Pengetahuan Sosial di atas!
Berdasarkan buku yang telah kalian baca, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1.
Pengertian kerja sama yaitu . . . . . . . . . . .
2.
Yang dimaksud manusia sebagai makhluk sosial adalah . . . . . . . . . .
.
3.
Tiga ruang lingkup kerja sama diantaranya . . . . . . . . . . .
4.
Lima contoh kerja sama di sekolah yakni . . . . . . . . . . .
5.
Lima manfaat kerja sama di sekolah adalah . . . . . . . . . . .
6.
Lima kegiatan yang dilarang melakukan kerja sama di sekolah yaitu . . .
. . . . . . . .
7.
Tiga hewan yang suka bekerja sama adalah . . . . . . . . . . .
8.
Dua bentuk dalam melakukan kerja sama yaitu . . . . . . . . . . .
KEGIATAN 2
Tujuan : Mengidentifikasi tiga hewan yang suka bekerja
sama
Petunjuk Khusus : Isilah tabel di bawah ini dengan mencontreng (P) pernyataan benar atau salah!
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Lebah
adalah hewan yang hidupnya berkoloni (berkelompok)
|
|
|
2.
|
Rayap
hidup sendiri-sendiri
|
|
|
3.
|
Semut
bekerja sama untuk mencari makanan
|
|
|
4.
|
Lebah
tidak membutuhkan bantuan lebah lain untuk membangun sarang
|
|
|
? Dari tabel di atas dapat diketahui
bahwa:
4.
Tiga
hewan yang melakukan kerja sama adalah . . . . . . . . . . .
5. Mereka membutuhkan hewan lain untuk
aktivitas mereka, maka seperti manusia juga disebut makhluk . . . . . . . . . .
. .
? Kesimpulan yang dapat diambil adalah:
. . . . . . . . . . . .merupakan contoh hewan yang melakukan kerja sama
untuk . . . . . . . . . . .
Lampiran 6
TUGAS INDIVIDU (PEKERJAAN RUMAH)
NAMA :
NO. ABSEN :
? Kriteria Penilaian
Penilaian didasarkan pada jawaban yang
diberikan siswa bentuk
kerja sama di rumah dan di masyarakat dengan nilai maksimal 100, yaitu:
-
Jika siswa menjawab
benar 10, maka nilainya 100,
-
Jika siswa menjawab
benar 9 , maka nilainya 90,
-
Jika siswa menjawab
benar 8, maka nilainya 80,
-
Jika siswa
menjawab benar 7, maka nilainya 70, dan seterusnya,
-
Jika siswa menjawab
salah / tidak ada yang benar / tidak
mengumpulkan tugas individu, maka nilainya 0.
TUGAS INDIVIDU (PEKERJAAN RUMAH)
NAMA :
NO. ABSEN :
? Kriteria Penilaian
Penilaian didasarkan pada kebijakan guru dalam menilai gambar
hasil kreativitas siswa, dengan nilai
maksimal 80, yaitu:
-
Jika gambaran siswa bagus, maka nilainya 71-80
-
Jika gambaran siswa cukup , maka nilainya 61-70,
-
Jika gambaran siswa kurang, maka nilainya 51-60,
-
Jika siswa
tidak mengumpulkan tugas individu, maka nilainya 0.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar