UNIVERSITAS TERBUKA NEGERI KAB. KEDIRI
|
SPT
TERPADU
|
Tugas
Kelompok III Semester 4 Kelas C
|
Drs. TOTO NUSWANTORO
sebagai
TUTOR Pendidikan PKn di SD PDGK 2201
|
2 Februari 2011
|
Disusun Oleh : :
Septiana Kusuma Wardhani
: 821085887
|
SATUAN PEMBELAJARAN
TERPADU
Mata
Pelajaran : 1. Bahasa
Indonesia
2. Ilmu Pegetahuan Sosial
3. Pendidikan Kewarganegaraan
Tema : Lingkungan
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas
/ Semester : II / 1
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan
A. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
No
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar &
Indikator
|
1
|
Bahasa
Indonesia
|
a. Membaca teks tentang lingkungan
dengan bersuara
b. Meringkas isi bacaan
c. Membacakan hasil ringkasan
|
2.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
a. Mengidentifikasi cara
memelihara koleksi barang berharga
|
3.
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
a. Mengidentifikasi hidup rukun
dan tidak rukun
b. Menjelaskan sebab dan akibat
jika menjaga kerukunan dan tidak menjaga kerukunan
|
B.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Bahasa
Indonesia
a.
Membaca
dengan lafal dan intonasi dengan benar
b.
Meringkas
isi bacaan dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
2.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
Macam
– macam nama dokumen dan cara perawatan / pemeliharaannya
3.
Pendidikan
Kewarganegaraan
Hidup
rukun dan tidak rukun dalam masyarakat meliputi sebab dan akibatnya terhadap
diri sendiri dan orang lain
C.
STRATEGI
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan
Persiapan / Pra – pembelajaran
Guru
dibantu siswa pilihan mempersiapkan segala sesuatu hal yang akan mendukung
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar terpadu, seperti mengatur ruangan,
menyiapkan alat / media pembelajaran yang akan digunakan.
2.
Kegiatan
Pembukaan
a.
Siswa
dikondisikan ke dalam situasi belajar yang kondusif
b.
Guru
melakukan absensi terhadap siswa
c.
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari lalu menjelaskan kemampuan – kemampuan
yang harus dicapai siswa dengan menuliskan pokok – pokok materi di papan tulis
d.
Guru
menjelaskan langkah – langkah kegiatan yang harus dilakukan siswa selama
pembelajaran berlangsung
e.
Guru
melakukan kegiatan apersepsi dengan cara mengajak siswa bersama – sama
menyanyikan lagu “ Satu Dua Tiga “ sebagai motivasi untuk membangkitkan gairah
belajar siswa.
3.
Kegiatan
Inti
a.
Langkah
pertama, siswa membaca teks yang telah disiapkan guru secara bersama – sama,
untuk mengetahui kecakapan siswa dalam lafal dan intonasi yang benar.
b.
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok yang
setiap kelompok berisi 4 – 5 siswa
c.
Masing
– masing kelompok meringkas isi bacaan
4.
Kegiatan
Penutup
a.
Siswa
dibimbing untuk menarik kesimpulan dan ide – ide baru dari apa yang telah
dibahas pada pertemuan kali ini.
b.
Tindak
lanjut dengan menanamkan kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan,
cara merawat barang berharga yang benar dan saling menjaga kerukunan dengan
orang lain.
c.
Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “ Lihat Kebunku “ kembali sebagai penutup dari
seluruh rangkaian kegiatan belajar mengajar.
D.
ALAT & MEDIA PEMBELAJARAN
1.
L
K S dan Buku Penunjang / Diktat
2.
Contoh
macam – macam dokumen
3.
Teks
Lagu “ Satu Dua Tiga “ dan “ Lihat Kebunku “
E.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian
proses dilakukan untuk melihat kerjasama siswa dalam kelompok.
b.
Penilaian
akhir ( Post – Test )
2.
Jenis
Dan Bentuk Tes
a.
Tes
tulisan berupa uraian terbatas, dilakukan pada akhir pertemuan.
b.
Tes
tulisan dilakukan awal dan akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa.
c.
Tes
kinerja ( Performance – Test ) dilakukan saat pembelajaran untuk mengetahui
ketepatan pemakaian ejaan dan tanda baca, ketepatan lafal dan intonasi,
ketepatan mengamati berbagai cara perawatan dokumen, serta ketepatan
menyelesaikan latihan soal berbentuk tabel.
3.
Alat
Penilaian
a.
Lembar
Kerja Siswa ( L K S ), terlampir
b.
Lembar
Teks Tema Lingkungan, terlampir
c.
Lembar
Pengamatan, terlampir
d.
Lembar
Soal, terlampir
e.
Lembar
Penilaian Kerja, terlampir
f.
Lembar
Analisis Kemampuan, terlampir
g.
Lembar
Teks Lagu “ Satu Dua Tiga “ dan “ Lihat Kebunku “
F.
SUMBER
RUJUKAN
1.
Dyah
Sriwilujeng, dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Untuk
SD Kelas II. Jakarta : E S I S
2.
Imam
Taufik, dkk. 2004. Cinta Bahasa Kita Kelas II SD. Jakarta : Ganeca Exact
3.
R.
J. Soenarjo. 2006. Tangkas Pengetahuan Sosial II. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya
4.
Sri
Tutik Cahyaningsih. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI Klas II.
Semarang : E S I S
Lembar
Kerja Siswa ( L K S )
Nama : _____________________________ Kelas : _________
I.
Beri silang ( X ) Jawaban yang paling benar !
1.
Kebersihan
sebagian dari . . . . . .
a.
iman b. tubuh c. masyarakat
2.
Lingkungan
yang kotor sumber dari . . . . . .
a. kesehatan b. kebahagiaan c.
penyakit
3.
Rani
pergi . . . . sekolah pukul setengah tujuh pagi
a. di b. ke c. dari
4.
Surat
Ijin Mengemudi dapat disingkat menjadi . . . . . .
a. K
T P b. S I M c.
S I N
5.
Keluarga
Aldo menyimpan koleksi foto di . . . . . .
a.
album foto b. laci c. dompet
6.
Untuk
mengetahui identitas seseorang, dapat melihat . . . . . . nya
a.
foto b.
akta tanah c. K
T P
7.
Orang
yang beragama Katolik beribadah di . . . . . . .
a.
masjid b.
gereja c.
klenteng
8.
Salah
satu manfaat hidup rukun adalah . . . . . . .
a.
dibenci teman b. Hidup
tentram c. dijauhi
teman
9.
Bila
ada tetangga yang kesusahan, sebaiknya kita . . . . . .
a.
bantu b. olok – olok c. biarkan
10. Andi mencuri uang temannya.
Tindakan Andi adalah perbuatan yang . . . . .
a.
terpuji b. baik c. Tercela
1.
Isi
titik – titik di bawah ini dengan singkat dan benar !
1.
Aku
selalu . . . . . . . . . agar nilaiku bagus.
2.
Membaca
dalam hati adalah membaca tidak . . . . . . . .
3.
Kebersihan
pangkal dari . . . . . . . .
4.
Album
foto, S I M dan K T P merupakan contoh dari . . . . . . .
5.
Teman
yang gemar berkelahi sebaiknya kita . . . . . . .
2.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jelas !
1.
Sebutkan
ciri – ciri yang dimiliki oleh buah pepaya !
Jawab
: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
2.
Telingaku
panjang
Buluku
berwarna putih
Aku
suka makan wortel
Siapa
aku ?
Jawab
: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
3.
Sebutkan
contoh sikap tidak rukun !
Jawab
: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .
4.
Carilah
3 contoh nama – nama dokumen !
Jawab
: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .
5.
Sebutkan
3 barang yang wajib kita bawa saat mengendarai sepeda motor !
jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Lembar
Pengamatan
Nama :
_____________________________ Kelas :
_____________
Tulislah
Dokumen – dokumen itu dan Bagaimana
Cara Merawatnya !
No
|
Nama Dokumen
|
Cara Perawatan / Pemeliharaan
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Lembar
Soal
Nama :
__________________________________ Kelas
: _____________
No
|
Hidup
|
Sebab
|
Akibat
|
1.
|
Rukun
|
1.
2.
|
1.
2.
|
2.
|
Tidak Rukun
|
1.
2.
|
1.
2.
|
Lembar
Penilaian Kinerja
Nama Kelompok :
__________________________________
Anggota Kelompok :1.
_________________________________
2.__________________________________
3.__________________________________
4.__________________________________
No
|
Aspek
yang Diamati
|
Hasil
/ Skor Pengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Perhatian
siswa tehadap pelajaran
Aktivitas
bertanya
Keberanian
anak dalam berkomunikasi dan bertindak
Aktivitas
anak dalam mengemukakan pendapat
Kelengkapan
data yang dikemukakan
Kerjasama
kelompok
|
Keterangan
:
1 =
sangat kurang
2 =
kurang
3 = cukup
4 = baik
5 =
sangat baik
Lembar
Analisis Kemampuan Mengidentifikasi Materi Pembelajaran
Nama Kelompok :
__________________________________
Anggota Kelompok :1.
_________________________________
2.__________________________________
3.__________________________________
4.__________________________________
Bidang
|
No
|
Aspek
Pemahaman
|
Kriteria
|
Indikator
|
Keterangan
|
Bahasa
Indonesia
|
1.
|
Pemahaman
dalam membaca bersuara
|
Teks
Bacaan
|
Tepat
|
·
Ketepatan
lafal
·
Ketepatan
intonasi
|
2.
|
Kemampuan
meringkas
|
Hasil
meringkas
|
Tepat
|
·
Ketepatan
ejaan
·
Ketepatan
tanda baca
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
1.
|
Pemahaman
mengidentifikasi macam – macam barang berharga
|
Hasil
pengamatan
|
Tepat
|
·
Ketepatan
menyebutkan macam – macam barang berharga
|
2.
|
Pemahaman
mengidentifikasi cara memelihara barang berharga
|
Hasil
pengamatan
|
Tepat
dan lengkap
|
·
Ketepatan
identifikasi pemeliharaan barang berharga
·
Kelengkapan
identifikasi pemeliharaan barang berharga
|
Teks
Lagu
“ Satu Dua Tiga
“
Satu – satu aku sayang
ibu
Dua – dua juga sayang
ayah
Tiga – tiga sayang adik
kakak
Satu dua tiga sayang
semuanya
“ Lihat Kebunku
“
Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih
Dan ada yang merah
Setiap hari
Kusiram semua
Mawar melati
Semuanya indah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar