Kamis, 29 Mei 2014

Contoh Satuan Pembelajaran Terpadu

UNIVERSITAS TERBUKA NEGERI KAB. KEDIRI
SPT TERPADU
Tugas Kelompok III Semester 4 Kelas C

Drs. TOTO NUSWANTORO
sebagai
TUTOR Pendidikan PKn di SD PDGK 2201
                                                                                                             
2 Februari 2011

Disusun Oleh :                                                                                                                                                                                    : Septiana Kusuma Wardhani               : 821085887                                                                                                                     

SATUAN PEMBELAJARAN TERPADU
Mata Pelajaran               : 1. Bahasa Indonesia
                                         2. Ilmu Pegetahuan Sosial
                                         3. Pendidikan Kewarganegaraan
Tema                              : Lingkungan
Satuan Pendidikan                   : Sekolah Dasar
Kelas / Semester             : II / 1
Alokasi Waktu               : 1 x Pertemuan

A.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar & Indikator
1
Bahasa Indonesia
a.       Membaca teks tentang lingkungan dengan bersuara
b.      Meringkas isi bacaan
c.       Membacakan hasil ringkasan
2.
Ilmu Pengetahuan Sosial
a.       Mengidentifikasi cara memelihara koleksi barang berharga
3.
Pendidikan Kewarganegaraan
a.       Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun
b.      Menjelaskan sebab dan akibat jika menjaga kerukunan dan tidak menjaga kerukunan

B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Bahasa Indonesia
a.       Membaca dengan lafal dan intonasi dengan benar
b.      Meringkas isi bacaan dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
2.      Ilmu Pengetahuan Sosial
Macam – macam nama dokumen dan cara perawatan / pemeliharaannya
3.      Pendidikan Kewarganegaraan
Hidup rukun dan tidak rukun dalam masyarakat meliputi sebab dan akibatnya terhadap diri sendiri dan orang lain

C.     STRATEGI PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Persiapan / Pra – pembelajaran
Guru dibantu siswa pilihan mempersiapkan segala sesuatu hal yang akan mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar terpadu, seperti mengatur ruangan, menyiapkan alat / media pembelajaran yang akan digunakan.
2.      Kegiatan Pembukaan
a.       Siswa dikondisikan ke dalam situasi belajar yang kondusif
b.      Guru melakukan absensi terhadap siswa
c.       Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari lalu menjelaskan kemampuan – kemampuan yang harus dicapai siswa dengan menuliskan pokok – pokok materi di papan tulis
d.      Guru menjelaskan langkah – langkah kegiatan yang harus dilakukan siswa selama pembelajaran berlangsung
e.       Guru melakukan kegiatan apersepsi dengan cara mengajak siswa bersama – sama menyanyikan lagu “ Satu Dua Tiga “ sebagai motivasi untuk membangkitkan gairah belajar siswa.
3.      Kegiatan Inti
a.       Langkah pertama, siswa membaca teks yang telah disiapkan guru secara bersama – sama, untuk mengetahui kecakapan siswa dalam lafal dan intonasi yang benar.
b.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompok berisi 4 – 5 siswa
c.       Masing – masing kelompok meringkas isi bacaan
4.      Kegiatan Penutup
a.       Siswa dibimbing untuk menarik kesimpulan dan ide – ide baru dari apa yang telah dibahas pada pertemuan kali ini.
b.      Tindak lanjut dengan menanamkan kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, cara merawat barang berharga yang benar dan saling menjaga kerukunan dengan orang lain.
c.       Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “ Lihat Kebunku “ kembali sebagai penutup dari seluruh rangkaian kegiatan belajar mengajar.

D.     ALAT  & MEDIA PEMBELAJARAN
1.      L K S dan Buku Penunjang / Diktat
2.      Contoh macam – macam dokumen
3.      Teks Lagu “ Satu Dua Tiga “ dan “ Lihat Kebunku “

E.      PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.      Prosedur Penilaian
a.       Penilaian proses dilakukan untuk melihat kerjasama siswa dalam kelompok.
b.      Penilaian akhir ( Post – Test )
2.      Jenis Dan Bentuk Tes
a.       Tes tulisan berupa uraian terbatas, dilakukan pada akhir pertemuan.
b.      Tes tulisan dilakukan awal dan akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa.
c.       Tes kinerja ( Performance – Test ) dilakukan saat pembelajaran untuk mengetahui ketepatan pemakaian ejaan dan tanda baca, ketepatan lafal dan intonasi, ketepatan mengamati berbagai cara perawatan dokumen, serta ketepatan menyelesaikan latihan soal berbentuk tabel.
3.      Alat Penilaian
a.       Lembar Kerja Siswa ( L K S ), terlampir
b.      Lembar Teks Tema Lingkungan, terlampir
c.       Lembar Pengamatan, terlampir
d.      Lembar Soal, terlampir
e.       Lembar Penilaian Kerja, terlampir
f.       Lembar Analisis Kemampuan, terlampir
g.       Lembar Teks Lagu “ Satu Dua Tiga “ dan “ Lihat Kebunku “

F.      SUMBER RUJUKAN
1.      Dyah Sriwilujeng, dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Untuk SD Kelas II. Jakarta : E S I S
2.      Imam Taufik, dkk. 2004. Cinta Bahasa Kita Kelas II SD. Jakarta : Ganeca Exact
3.      R. J. Soenarjo. 2006. Tangkas Pengetahuan Sosial II. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
4.      Sri Tutik Cahyaningsih. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI Klas II. Semarang : E S I S

Lembar Kerja Siswa ( L K S )
Nama : _____________________________  Kelas : _________

I.                     Beri silang ( X ) Jawaban yang paling benar !
1.      Kebersihan sebagian dari . . . . . .
a.       iman                            b. tubuh                                   c. masyarakat
2.      Lingkungan yang kotor sumber dari . . . . . .
a. kesehatan                                   b. kebahagiaan                         c. penyakit
3.      Rani pergi . . . . sekolah pukul setengah tujuh pagi
a. di                                   b. ke                                        c. dari
4.      Surat Ijin Mengemudi dapat disingkat menjadi . . . . . .
a. K T P                             b. S I M                                    c. S I N
5.      Keluarga Aldo menyimpan koleksi foto di . . . . . .
a. album foto                     b. laci                                       c. dompet
6.      Untuk mengetahui identitas seseorang, dapat melihat . . . . . . nya
a. foto                                b. akta tanah                            c. K T P
7.      Orang yang beragama Katolik beribadah di . . . . . . .
a. masjid                            b. gereja                                   c. klenteng
8.      Salah satu manfaat hidup rukun adalah . . . . . . .
a. dibenci teman                b. Hidup tentram                      c. dijauhi teman
9.      Bila ada tetangga yang kesusahan, sebaiknya kita . . . . . .
a.       bantu                           b. olok – olok                          c. biarkan
10.  Andi mencuri uang temannya. Tindakan Andi adalah perbuatan yang . . . . .
a.       terpuji                          b. baik                                     c. Tercela

1.      Isi titik – titik di bawah ini dengan singkat dan benar !
1.      Aku selalu . . . . . . . . . agar nilaiku bagus.
2.      Membaca dalam hati adalah membaca tidak . . . . . . . .
3.      Kebersihan pangkal dari . . . . . . . .
4.      Album foto, S I M dan K T P merupakan contoh dari . . . . . . .
5.      Teman yang gemar berkelahi sebaiknya kita . . . . . . .

2.      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas !
1.      Sebutkan ciri – ciri yang dimiliki oleh buah pepaya !
Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

2.      Telingaku panjang
Buluku berwarna putih
Aku suka makan wortel
Siapa aku ?
Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3.      Sebutkan contoh sikap tidak rukun !
Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4.      Carilah 3 contoh nama – nama dokumen !
Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
5.      Sebutkan 3 barang yang wajib kita bawa saat mengendarai sepeda motor !
jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Lembar Pengamatan
Nama : _____________________________  Kelas : _____________

Tulislah Dokumen – dokumen itu dan Bagaimana Cara Merawatnya !
No
Nama Dokumen
Cara Perawatan / Pemeliharaan
1.
2.
3.
4.
5.



Lembar Soal
Nama : __________________________________  Kelas : _____________

No
Hidup
Sebab
Akibat
1.
Rukun
1.
2.
1.
2.
2.
Tidak Rukun
1.
2.
1.
2.

Lembar Penilaian Kinerja
Nama Kelompok         : __________________________________
Anggota Kelompok    :1. _________________________________
                                     2.__________________________________
                                     3.__________________________________
                                     4.__________________________________

No
Aspek yang Diamati
Hasil / Skor Pengamatan
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
Perhatian siswa tehadap pelajaran
Aktivitas bertanya
Keberanian anak dalam berkomunikasi dan bertindak
Aktivitas anak dalam mengemukakan pendapat
Kelengkapan data yang dikemukakan
Kerjasama kelompok






Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik

Lembar Analisis Kemampuan Mengidentifikasi Materi Pembelajaran
Nama Kelompok         : __________________________________
Anggota Kelompok    :1. _________________________________
                                     2.__________________________________
                                     3.__________________________________
                                     4.__________________________________

Bidang
No
Aspek Pemahaman
Kriteria
Indikator
Keterangan
Bahasa Indonesia
1.
Pemahaman dalam membaca bersuara
Teks Bacaan
Tepat
·         Ketepatan lafal
·         Ketepatan intonasi
2.
Kemampuan meringkas
Hasil meringkas
Tepat
·         Ketepatan ejaan
·         Ketepatan tanda baca
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.
Pemahaman mengidentifikasi macam – macam barang berharga
Hasil pengamatan
Tepat
·         Ketepatan menyebutkan macam – macam barang berharga
2.
Pemahaman mengidentifikasi cara memelihara barang berharga
Hasil pengamatan
Tepat dan lengkap
·         Ketepatan identifikasi pemeliharaan barang berharga
·         Kelengkapan identifikasi pemeliharaan barang berharga
  
Teks Lagu

“ Satu Dua Tiga “
Satu – satu aku sayang ibu
Dua – dua juga sayang ayah
Tiga – tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya


“ Lihat Kebunku “
Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih
Dan ada yang merah
Setiap hari
Kusiram semua
Mawar melati

Semuanya indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar